|
TES INTELIGENSI
W I S C
Dosen
Pengampu :
XXXXXX
Disusun
Untuk Memenuhi Laporan Praktikum
Mata
Kuliah Tes Intelegensi
Oleh
:
Nama :
XXX
NIM :
XXX
Asisten
:
Nama :
XXXXX
NIM :
XXXX
FAKULTAS PSIKOLOGI
XXXXXXXXXX
2015
TESTEE
KE-1
HASIL
OBSERVASI
PRAKTIKUM
TES WISC
TESTEE
KE-1
A. IDENTITAS
Nama : Mahesa Loppy Pardede
Jenis
Kelamin : Laki-laki
Pekerjaan : Pelajar
Pendidikan
: SD
Tanggal
Lahir : Banyumas, 13 Juli 2001
Umur : 14
Tester : X
Tanggal
Tes : 28 Novmber 2015
B. OBSERVASI
1.
Tes
Verbal
a.
Informasi
Pada
saat subtes Informasi ini, testee menggunakan kaos berwarna putih dan jaket
berwarna biru, memakai celana jeans berwarna biru dan sepatu biru. Testee
mempunyai tinggi 156 cm. Pada subtes ini testee cukup cepat menjawab semua
pertanyaan yang ada. Testee sering menggerakkan kaki, dan menaruh tangannya
pada meja. Situasi yang terjadi saat testee menjawab subtes informasi tidak ada
suara yang mengganggu. Pada subtes Informasi ini, testee berhasil memperoleh
Skor mentah 23 dan Skor Skala 14.
b.
Pengertian
Pada
subtes Pengertian ini, testee menjawab 11 nomor dengan benar, testee menjawab
soal nomor 1 sampai nomor 4 dengan mengayun ke dua lutut kaki. Pada saat
menjawab soal nomor 8, testee menggaruk-garuk lehernya dengan tangan kanan.
Pada saat menjawab soal nomor 9 sampai dengan nomor 14 testee merapikan
rambutnya, melihat ke kanan dan ke kiri, mengayunkan lutut kanannya dan merubah
posisi duduknya. Situasi tes saat terdengar pelan suara tester lain. Pada
subtes Pengertian ini, testee berhasil memperoleh Skor Mentah 22 dan Skor Skala
16.
c.
Hitungan
Pada subtes Hitungan ini, testee hanya
bisa menjawab 11 soal. Saat menjawab soal-soal tersebut, testee beberapa kali
merubah posisi duduknya, menaruh tangan diatas meja, membunyikan jari-jari dan
menghitung dengan jari tangan. Pada saat menjawab soal nomor 4, testee
melepaskan jaket dan menaruhnya di sebelah meja dengan mengatakan “Mas
boleh dilepas jaketnya ?”. Situasi pada saat subtes Hitungan ini terdengar
pelan suara tester lain. Pada subtes Hitungan ini, testee berhasil memperoleh
Skor mentah 11 dan Skor Skala 16.
d.
Persamaan
Pada subtes Persamaan ini, testee
menanyakan “Contohnya gimana mas ?”. Testee dapat menjawab 6 soal dengan
benar. Pada saat menjawab soal nomor 6,
testee menggaruk-garuk kepalanya dengan tangan kanan. Pada saat menjawab soal
nomor 11,
testee testee tersenyum dan menoleh ke kanan serta ke kiri. Pada saat menjawab
soal nomor 16,
testee mengayunkan lutut kirinya. Saat subtes Persamaan ini berlangsung situasi
tenang karena testee dan tester sibuk dengan pertanyan dan jawaban
masing-masing. Pada subtes Persamaan ini, testee berhasil memperoleh Skor
Mentah 12 dan Skor Skala 9.
e.
Perbedaharaan Kata
Pada subtes
Perbendaharaan Kata ini, testee dapat menjawab 31 soal dengan benar. Pada saat
menjawab soal nomor 13,
testee memperagakan dengan tangan kananya memegang pedang dengan mengatakan “Untuk menebas”. Pada saat menjawab
nomor 17,
testee tersenyum dan menggelengkan
kepala. Pada saat menjawab soal nomor 21 sampai 40, testee berpindah posisi
duduk, terkadang menaruh tangannya di atas
meja dan terkadang menaruh tangannya dipangkuannya. Situasi pada saat subtes
Perbendaharaan Kata ini turun hujan.
Pada subtes Perbendaharaan Kata ini, testee memperoleh Skor Mentah 61 dan Skor
Skala 16.
2.
Tes
Performance
a.
Melengkapi Gambar
Pada saat subtes Melengkapi Gambar, testee tidak bisa menjawab
4 nomor. Testee menunjuk dengan jari telunjuk pada saat menjawab soal nomor 3,
5, 9 dan
19. Testee tersenyum ketika menjawab soal nomor 4 dan 10. Pada saat menjawab
soal nomor 1, 2 dan 3 testee
memegang ujung meja dengan kedua tangannya. Situasi pada saat subtes ini terdengar suara tester lain .
Pada subtes Melengkapi Gambar ini,
testee memperoleh Skor Mentah 16 dan Skor Skala 13.
b.
Mengatur Gambar
Pada saat subtes Mengatur
Gambar, testee mengatakan “Ini
gimana mas ?”. testee dapat menyelesaikan 5 soal dengan benar. Testee
tersenyum ketika tester memberi tahukan bahwa jawaban nomor 1, 2, 3 dan 4 yang testee susun benar. Pada saat
menyusun gambar testee membungkukkan badannya dan menganyunkan kakinya. Situasi
pada saat subtes Mengatur Gambar ini berlangsung ramai karena beberapa tester sudah selesai praktikum
dan suhu udara dingin. Pada subtes Mengatur Gambar ini, testee memperoleh Skor
Mentah 25 dan Skor Skala 7.
c.
Rancangan Balok
Pada saat subtes
Rancangan Balok, testee dapat menyelesaikan semua bentuk dengan benar. Pada
saat merancang balok nomor 1 sampai 2,
testee meletakkan kakinya pada pijakan kursi dan mengerak-gerakannya. Pada saat
menyelesaikan nomor 3 testee mengatakan “yahhh”, karena mati lampu.
Situasi saat tes kurang ramai
karena mati lampu dan berpindah ke ruang lebih terang. Pada subtes Rancangan Balok
ini, testee memperoleh Skor Mentah 45 dan Skor Skala 13.
d.
Merakit obyek
Pada
saat subtes Merakit Obyek, testee menyelesaikan nomor 1 dan 2 dengan tersenyum
dan mengayunkan kaki di atas
pijakan kursi. Pada saat mengerjakan soal nomor 3 dan 4, testee sering menggelengkan kepala dan
mengatakan “cek,cek,cek”. Situasi pada saat tes berlangsung
cahaya penerangan
kurang terang dan hujan turun dengan deras. Pada subtes Merakit Obyek ini,
testee memperoleh Skor Mentah 26 dan Skor Skala 11.
e.
Simbol
Pada subtes Simbol ini, saat petunjuk diterangkan oleh tester, testee menggigit jempolnya
dan mengatakan “Oo…
yaa ya ya”. Testee dapat menyelesaiakan 64 simbol dengan benar.
Pada saat subtes ini berlangsung,
keadaan luar ruangan masih hujan dan terdengar beberapa kali petir. Pada saat subtes ini keadaan ruangan ramai
dikarenakan beberapa tester dan testee sudah selesai. Pada subtes Simbol ini,
testee memperoleh Skor Mentah 64 dan Skor Skala 14.
C. KESIMPULAN
Secara keseluruhan, tes
berjalan dengan lancar dan cukup kondusif, hal tersebut dibuktikan dengan tidak
adanya sesuatu yang menganggu dan menghambat jalannya tes. Testee sangat semangat dalam mengikuti Tes WISC ini
sehingga hasil yang diraih juga maksimal.
Testee menunjukan
perilaku sebagai respon yang ditunjukkan pada saat tes diantaranya yaitu berapa
kali testee terlihat tersenyum, menggelengkan kepala, menoleh ke kanan dan ke
kiri, membungkuk, memegang meja, mengayunkan dan menggerakkan kaki. Skor yang
diperoleh testee :
Jumlah
Skala Verbal
: 76 IQ : 133
Jumlah
Skala
Performance : 58 IQ
: 121
Angka Skala Lengkap : 134 IQ
: 125
Klasifikasi
IQ yang di peroleh oleh testee adalah 125 dan termasuk dalam kategori Superior.
0 komentar:
Post a Comment