Tuesday, October 8, 2019

TES BINET


TES BINET

 

Sejarah Tes Binet

 tahun 1904 Binet mulai membuat alat baru u/ mengukur:

             - ketajaman bayangan

             - ketahanan & kualitas perhatian

             - ingatan

             - kualitas penilaian moral & estetika

             - kemampuan logika

             - pemahaman kalimat

 

      

Dikarenakan Binet mendapatkan tugas

    u/ mendeteksi anak-anak yang lemah

    mental, maka Binet bekerjasama dg

    Theodore Simon, muncullah skala

    Inteligensi pertama: Skala Binet Simon.

 

SEJARAH PERKEMBANGAN

 

  1905 : Skala Binet – Simon (30 tes pendek)

 

  1908 : Revisi Skala Binet – Simon

 

  1911 : Revisi Skala Binet – Simon

¡  Penekanan khusus kepada pemahaman inteligensi esensial, yaitu mampu memberikan penilaian/pertimbangan (judgement), pemahaman (comprehension) dan penalaran (reasoning)

¡  Keterbatasan :

÷ Belum ada metodologi obyektif s/d total score

÷ Norma skala masih lemah

÷ Lebih berguna untuk memilah tingkatan retardasi mental

SEJARAH…lanjutan

  1916 : Skala Stanford – Binet (Revisi L. M. Terman)

 

  1937 : Revisi Skala Stanford – Binet (Terman & Merril à Bentuk paralel L dan M)

 

  1960 : Revisi Skala Stanford – Binet

 

  1972 : Revisi Skala Stanford – Binet

¡  Nama resmi : The Stanford Revision of the Binet Simon Intelligence Scale

¡  Mulai digunakan konsep IQ = MA x 100 (Stern)

                                            CA

¡  Dipertahankan penggunaan format skala usia, diferensiasi usia dan general ability.

¡  Konsep IQ Stern hanya digunakan sebagai acuan,

¡  Mulai digunakan Deviasi IQ dengan Mean = 100 dan SD = 16                                               

SEJARAH…lanjutan

  1986 : Skala Stanford – Binet IV

¡  Masih mempertahankan deferensiasi usia dan General Mental Ability

¡  Tugas dan isi lebih bervariasi

¡  Standar deviasi IQ masih sama

¡  Penggunaan format skala usia ditinggalkan

¡  Item dikelompokkan pada konstruk yang diukur

 

 

  2003 : Skala Stanford – Binet V

¡  Berdasarkan teori intelektual Cattell-Horn-Carroll tentang model fungsi intelektual yang hierarkis

¡  Kelebihan: dapat digunakan untuk subjek tunarungu serta hambatan bahasa & komunikasi

 

STANFORD – BINET INTELLIGENCE SCALE FORM L – M

ADMINISTRASI

  Persiapan tes:

o    Perangkat yang disiapkan: alat tes Stanford Binet, Lembar jawaban, Buku Pegangan, Buku Kunci, Norma, Pensil, Bolpoint

¡  Tester hendaknya menyusun isi kotak SB sedemikian rupa sehingga memudahkan penyajian

¡  Tester tidak disarankan menghafal seluruh isi petunjuk/instruksi, tetapi harus paham petunjuk tes

¡  Stop watch diharapkan tidak terlalu bising

¡  Alat tulis  dan lembar catatan untuk observasi tes

ADMINISTRASI…lanjutan

     Prinsip Penyajian Tes:

¡    Mengikuti prosedur standar, usahakan item tes diberikan secara urut dan persis dengan buku manual, kecuali kondisi tertentu -> validitas alat tes

¡    Bina dan pelihara rapport dengan anak, sehingga usaha yang dikeluarkan oleh anak dapat maksimal

¡    Jawaban-jawaban harus di-skor secara tepat

¡    Mengulang pertanyaan hanya pada kondisi tertentu

¡    Probing untuk jawaban yang meragukan

¡    Tester jangan menunjukkan ketidakpuasan pada jawaban anak

¡    Bila anak lelah, tes dihentikan sejenak

ADMINISTRASI…lanjutan

  Pelaksanaan tes:

¡ Menghitung usia kronologis

¡ Menyajikan subtes Perbendaharaan Kata terlebih dahulu

¡ HARUS diperoleh BASAL AGE & CEILING AGE

  Menyajikan aitem2 tes

      Mis. CA = 6 tahun 5 bulan 12 hari

      Mulailah pada klpk tahun ke V utk mendapatkan usia BASAL

 

  Usia BASAL adalah usia dimana testee dapat mengerjakan seluruh aitem soal dengan benar pada satu klpk umur.

÷ Jika BASAL tidak diperoleh, maka mundur ½ tahun dari usia terendah -> 1.6 BULAN

  Jika usia Basal sudah ditemukan, lanjutkan dg menyajikan aitem pd klpk umur berikutnya, sampai ditemukan usia CEILLING

  Usia CEILLING adalah usia dimana testee gagal menyelesaikan seluruh aitem soal pada satu klpk umur.

  Jika CEILING tidak diperoleh, maka harus diganti dengan tes lain   -> SB tidak sesuai bagi orang dengan tingkat Inteligensi genius

  Lakukan Skoring

  Kemudian dicari MENTAL AGE (MA), pertemukan dengan CRONOLOGICAL AGE (CA) -> IQ (tabel)

Cara Mengisi Lembar Jawaban

  Jika testee menjawab benar, beri tanda + pada tiap sub soal

  Tuliskan jumlah jawaban yg benar (yg bertanda +) pada kolom [  ]

  Jika testee menjawab salah, beri tanda -

  Jika testee berhasil menjawab benar tiap sub soal pada 1 soal, beri tanda + pada kotak yang berada disamping kiri nomor soal.

Contoh: Tahun IV-6

 1. Perbandingan keindahan (3+)  [    ]

           a) …..  b) …… c) …...

2. Analogi yang berlawanan (3+)   [    ]

3. Kesamaan & perbedaan gambar-gambar (3+)   [    ]

          a) tidak dihitung b) ….. c) ….. d) ….. e) …... f) …..

4. Bahan-bahan (2+)   [    ]

           a) rumah ………………………………………………...

           b) jendela ……………………………………………….

           c) buku …………………………………………………..

5. Tiga perintah (3+)   [    ]

            a) ………. b) ………. c)……….

6. Pengertian III (1+)    [    ]

            a)…………………………………………………………..

            b)…………………………………………………………..

 

………… bulan

Perhitungan kredit umur bdsrkn bulan

  Tingkat umur II s/d V kreditnya 1 bln

  Tingkat umur VI s/d XIV kreditnya 2 bln

  Tingkat umur dewasa rata2 kreditnya 2 bln

  Tk umur dewasa superior I kreditnya 4 bln

  Tk umur dewasa superior II kreditnya 5 bln

  Tk umur dewasa superior III kreditnya 6 bln

Tes Pengganti

  Bila tester melakukan kesalahan saat penyajian, bukan testee yang gagal menjawab.

SKORING

  Contoh penghitungan MA :

Anak usia (CA) 4 tahun 0 bulan

Tingkat               Jml tes yg Kredit bln Jml thn    Kredit

usia           berhasil    per item                      bulan

III     6 (BA)                    -                  3              -

III-6          5                    1                 -               5

IV               3                    1                 -               3

IV-6           2                    1                 -               2

V                2                    1                 -               2

VI               1                    2                 -               2

VII                       0 (CA)                    2                 -               0

                                                             3              14

                                         MENTAL AGE = 4 tahun 2 bulan

                                CRONOLOGICAL AGE = 4 tahun 0 bulan

                                                IQ      = 103

INTERPRETASI

  1. Observasi kualitatif

  2. Analisis profil melalui Binetgram

  3. Identifikasi kelebihan dan kelemahan

  4. Label deskriptif untuk IQ

DON’T DO THESE …

  Tidak melakukan observasi

  Tidak mengisi tanda minus (-) dan plus (+)

  Penyekoran pada soal-soal yang ditolak à probing

  “Halo effect”  overestimate

  Tergesa-gesa dalam menyajikan tes

  Menghentikan tes saat testee gagal 5 dari 6 subtes pada tahun tertentu

 

 


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.